Senin, 07 Mei 2018

Resep Membuat Roti Canai Rachmawati

Resep Membuat Roti Canai Rachmawati -
  • 12 Suka
  • 3 Recook
  • Roti canai dikenal juga dengan nama roti maryam atau roti prata. Pernah membeli di restoran Aceh, restoran India, bahkan di stasiun Jatinegara. Suami penasaran sekali dan ingin membuatnya sendiri. Akhirnya tereksekusi lah roti maryam ala kami. Yang spesial adalah dalam proses pembuatan Resep Membuat Roti Canai Rachmawati jangan abaikan juga Resep Somay Ayam Udang Keto roti ini, suami ikut terjun langsung dalam membentuk adonan menjadi bentuk yang terlihat. Hehe. Cocok untuk sarapan karena makan 1-3 udah bikin kenyang. Bisa juga jadi cemilan. Toppingnya sesuai selera. Bisa kari, gulai, keju susu, selai, madu, gula halus. Bebaaaasss. Bahannya juga ada di rumah semua kok (harusnya) hehe. Selamat menyimak dan jangan ragu untuk mencobaaaa. May. Bahan-bahan
    1. 4 cangkir tepung terigu
    2. 1 butir telur
    3. 1 sdm susu kental manis putih
    4. 1/2 sdt garam
    5. 2 sdm minyak sayur
    6. 1 cangkir air hangat
    7. secukupnya mentega
    Langkah
    1. Kocok telur, minyak, dan air hangat hingga rata.
    2. Campurkan tepung terigu, susu, dan garam. Kemudian masukkan kocokan telur. Uleni hingga kalis, lentur, elastis, dan tidak mudah putus/sobek.
    3. Baluri minyak ke kedua tangan. Ambil adonan sedikit kemudian bentuk menjadi bola-bola kecil. Ukuran sesuai selera. Letakkan pada wadah. Lakukan hingga adonan habis.
    4. Tuang minyak secukupnya ke dalam wadah berisi adonan bola-bola kecil sampai seluruh adonan terkena minyak agar adonan tidak saling menempel.
    5. Istirahatkan adonan selama 2-3 jam atau bisa juga semalaman jika mau dibuat sarapan.
    6. Baluri tangan dan tempat berpermukaan rata dengan minyak (saya menggunakan nampan).
    7. Ambil satu adonan bola kecil. Kemudian pipihkan hingga tipis (atau bisa di-swing seperti orang Aceh dan India hehe). Ambil secolek mentega, ratakan ke seluruh permukaan adonan. Gulung adonan menjadi panjang. Kemudian gulung adonan mulai dari ujung secara melingkar. Pipihkan lagi adonan yang sudah digulung hingga membentuk lingkatan yang lebih besar dan tipis.
    8. Siapkan teflon berpermukaan rata dan panaskan di atas api sedang. Panggang adonan yang sudah dibentuk tanpa minyak hingga matang berwarna kecoklatan. Lakukan hingga adonan habis.
    9. Roti maryam siap disantap dengan topping sesuai selera Anda. Selamat mencoba.
    Tambah langkah sumber: https://sukaresep.xyz/

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar